Manfaat dan Khasiat Bersepeda Bagi Tubuh Kita


Manfaat dan Khasiat Bersepeda Bagi Tubuh Kita
Seperti yang kita ketahui, bahwa sepeda adalah salah satu alat transportasi darat yang digerakkan dengan cara mengayuh. Sudah banyak jenis – jenis sepeda yang dibuat, dari berbagai merk dan perusahaan, kamu tinggal memilih mana sepeda yang kamu suka dan nyaman saat digunakan.

Memang sepeda sampai kapanpun akan sulit sekali menyamai kecepatan dengan kendaraan bermotor. Walaupun sepeda tidak secepat sepeda motor, tetapi sepeda memberikan kamu manfaat dan kebugaran yang lebih untuk tubuh agar tetap sehat.

Khasiatnya untuk jantung dan hati
Dengan secara rutin kita melakukan olahraga sepeda, maka nafas kita tentu akan lebih panjang dari pada orang yang tidak bersepeda, juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan jantung sehingga bersepeda bisa dijadikan alasan sebagai sarana untuk hidup sehat.

Sebuah penelitian tentang bersepeda ini dilakukan dan memberikan hasil apabila kita dapat bersepeda secara rutin setiap hari dalam jarak pendek maka kita akan mengurangi resiko kematian sebesar 22%, menurut saya ini adalah angka yang fantastis.

Menurunkan berat badan
Olahraga sepeda dapat dijadikan sebagai sarana untuk menurunkan berat badan. Dengan bersepeda kita dapat membakar kalori dari makanan yang kita makan seperti cokelat, alkohol, gorengan sebanyak 300 kalori. Dengan bersepeda 15 menit dari rumah ke kantor selama 5 – 6 kali dalam seminggu, kita akan membakar lemak dan menurunkan berat badan kita sebanyak 6 kg dalam setahun.

Menjaga Kesehatan Jantung

Memotivasi kita untuk terus bersemangat
Dengan bersepeda juga akan memberikan efek yang positif kepada suasana dan hati kita. Dengan bersepeda juga akan mengurangi stress, depresi, memotivasi dan meningkatkan mood untuk diri kita. Misalnya dengan bersepeda kita akan lebih dekat dengan alam, menghirup udara segar, melihatpemandangan alam yang indah dan bersosialisasi dengan lingkungan. Ditambah bonus untuk tubuh kita yaitu kesehatan.

Menurunkan kadar polusi di sekitar kita
Kamu tidak perlu kuatir dengan polusi udara yang disebabkan oleh lalulintas kendaraan, karena justru menurut penelitian orang yang bersepeda lebih sedikit terkena polusi dibandingkan dengan orang yang naik kendaraan bermotor. Sebab saat kita bersepeda, maka secara otomatis tubuh kita akan menyerap lebih banyak oksigen disekitar kita.
Manfaat dan Khasiat Bersepeda Bagi Tubuh Kita


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © SEHAT DAN CANTIK | Powered by Blogger